MEI 2020

Pada Bulan Mei 2020 ada beberapa kegiatan warga, seperti:

KERJABAKTI PERBAIKAN LAMPU PEKUBURAN LUMBANGLOR

03-MEI-2020, Warga RT7 mengadakan kerjabakti memperbaiki lampu-lampu yang rusak di areal Pemakaman Umum LumbangLor.

Cak Mansur CS bekerja bakti memperbaiki lampu pemakaman

RAPAT EVALUASI PALANG BATAS DAN PENGENALAN KAMPUNG TANGGUH

03-Mei-2020. Beberapa hari setelah diterapkan Physical Distancing, beberapa warga merasa efek yang dihasilkan mulai dirasa menyulitkan dalam hal perjalanan ke jalan raya. Warga terpaksa haris berputar untuk bisa mencapai jalan raya.

Karena itu atas saran pak Ketua RT, maka diadakan Rapat Evaluasi pemasangan / penerapan Palang Batas Desa. Acara diadakan dirumah pak Yohan, Ketua RT7.

Rapat Evaluasi Palang Batas Desa / Physical Distancing

Setelah mendapatkan kesepakatan, pihak pemerintah Desa dalam hal ini 3 pilar desa ikut hadir menyusul rapat warga ini. Hadir dalam rapat ini antara lain Kepala Desa Lumbangsari, Kepala Dusun Sidoaji, dan Babinsa Desa Lumbangsari.

Dalam rapat ini, Bhabinkamtibmas Lumbangsari menyampaikan info / sosialisasi dari Kapolres Malang tentang adanya KAMPUNG TANGGUH. Kampung tangguh adalah sebuah sistim ketahanan sebuah Kampung / RW dalam bertahan hidup disaat ada masalah yang menyelimuti sebuah Desa / Kota yang terkena wabah maupun bencana. Diceritakan bahwa kampung ini tetap bertahan dengan memanfaatkan komponen yang ada di dalam kampung tersebut.

Babinsa Lumbangsari mensosialiasikan KAMPUNG TANGGUH

Diharapkan RT7 khususnya, RW2 umumnya bisa dijadikan Pilot Project untuk KAMPUNG TANGGUH dimasa-masa PANDEMI COVID-19 ini.

HT PINJAMAN DARI PEMERINTAH DESA LUMBANGSARI

Siskamling / Ronda Malam di RT7 telah berjalan. Kali ini warga meminta kepada pengurus RT untuk diadakannya Radio Transceiver / Handy Talky / VHF Transceiver.

Tujuan diadakannya HT ini adalah untuk memudahkan komunikasi antar POS KAMLING Warga tiap-tiap RT di Desa Lumbangsari.

Karena RT7 belum memiliki radio HT, maka pada tanggal 4-MEI-2020 pemerintah Desa Lumbangsari meminjamkan HT untuk operasional dijadikan HT Komunikasi warga untuk Pos di RT7.

HT Pinjaman dari Pemdes

RT7 memiliki 2 pos, yakni Pos Timur dan Pos Barat. Masing-masing Pos diberi 1 HT.

HT SUMBANGAN DARI WARGA RT7

Pada tanggal 08-MEI-2020, Pak RT membelikan HT untuk dimiliki warga kampung RT7. Sumber dana untuk membeli HT berasal dari Sumbangan Keluarga Besar Alm.Moch. Saleh.

HT Sumbangan warga

HT dibeli di sebuah toko di daerah Blimbing, kota Malang.

MODIFIKASI PALANG BATAS DESA

Menindak lanjuti hasil rapat pada tgl 3 kamarin, maka pada hari Minggu, 10-MEI-2020 diadakan kerjabakti modifikasi palang batas desa / Physical Distancing.

Palang pintu yang semula diset permanen, maka dirubah menjadi bisa di buka tutup. Karena palang batas tidak bisa menjungkit seperti tuas, maka perlu diadakan penggantian besi palang.

Pak RT mencarikan bahan pembuatan palang dari bahan besi yang lebih kecil dan lebih ringan. Warga yang lain mengusahakan mencarikan bahan -bahan yang lain untuk mendukung pembuatan palang.

Biaya pembuatan palang ini adalah hasil dari iuran warga donatur.

MUSYAWARAH DESA KHUSUS UNTUK MEMBAHAS ANGGARAN UNTUK COVID-19

Sejak virus COVID-19 ini masuk ke Indonesia, maka pemerintah Kab Malang merespon dengan cara membikin Physial Distancing . Pemerintah Desa pun merespon pula dengan mengadakan Musyawarah Desa Khusus.

Pemerintah menginstruksikan kepada Kepala Desa se Jawa Timur untuk mengalokasikan Dana Desa-nya untuk mengatasi efek dari wabah COVID-19 ini.

Anggaran Dana Desa yang dijadwalkan semula untuk pembangunan INFRA STRUKTUR, maka pada bulan selanjutnya akan dialihkan untuk kepentingan lain yakni untuk memberi BANTUAN kepada warga terdampak COVID-19.

Acara dilaksanakan di Balai Desa Lumbangsari pada tanggal 16-MEI-2020

Desa Lumbangsari dalam hasil rapat ini harus merelakan anggaran nya berkurang 35% untuk DD ( Dana Desa ) -nya demi untuk memberikan bantuan tunai selama 3 bulan masing-masing 600RIBU ( atau 1,8 juta perorang selama 3 bulan ) tiap bulan kepada warga yang terdampak COVID-19 ini.

Tercatat ada 122 KK yang mendapatkan manfaat Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa ini.

PSBB LUMBANGSARI

Pada tanggal 15-MEI-2020, para pamong dan kader Desa bekerja Bhakti untuk mempersiapkan POS PSBB DESA LUMBANGSARI. Posisi pos berada di tengah-tengah RT8.

Pada tanggal 17-MEI-2020 tenda telah berdiri, jomplangan / jungkitan telah disiapkan.

Pada tanggal 20-MEI-2020 , pak Yohan bersama pak Barjak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pos PSBB yang berada di RT8. Kebetulan disana sudah ada para bolo Karang Taruna, Pamong dan Babinsa Lumbangsari sedang bertugas.

Dari kiri: Mas Alvi, Pak Chairil, pak Yohan, pak Barjak, pak Muji H. Berdiri: pak Rinda

PSBB MALANG RAYA BERAKHIR

Pada tanggal 30 MEI 2020 dinyatakan sebagai akhir dari Program Pemda: PSBB Malang Raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *